Senin, 15 April 2013

Cara Membuat Flashdisk Menjadi Bootable

USB ( universal serial bus ) drive sudah jadi sesuatu perangkat yang kerap dipakai untukmembackup data, menggeser manfaat floppy disks, cd, serta zip disks. usb drive bukan sekedar murah, namun juga amat praktis, tahan banting, serta bisa mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup besar. untuk mengantisipasi waktu computer kita tidak bisa lakukan boot, kita mesti mempunyai bootable disk. bootable disk bisa mengindarkan kita dari ketidakmampuan untuk terhubung computer kita dikarenakan problem booting. gunakan bootable usb drive, kita apalagi bisa menangani problem booting dengan lebih cepat.


Share pengalaman lagi nih… Beberapa hari yang lalu kakaknya temenku ada yang beli laptop. Nah saya disuruh buat nginstal laptopnya pakai windows 7. Karena kebetulan master windows 7 yang uda saya burning di DVD corrupt, maka saya pakai flashdisk buat booting.

Awalnya saya gunakan software unetbootin-windows-491. Unetbootin  adalah suatu program yang memungkinkan kita untuk membuat bootable Live USB tanpa perlu burning CD.  Namun sudah saya coba berulang kali tetap gagal. Akhirnya saya cari-cari tutorial dan nemu deh caranya. Ini cara simpeeellll banget, karena Cuma modal CMD doing, gak perlu pakai software tambahan.
Berikut langkah-langkahnya :
  1.  Siapkan flashdisk yang ukurannya muat dimasukkin windows 7. Karena besar total windows 7 2,4Gb maka minimal kita harus memakai flashdisk 4Gb.
  2. Format flashdisk. Backup data yang ada di flashdisk dulu jika ada data yang penting.
  3. Buka CMD dengan cara lakukan search “cmd” pada  star menu, lalu buka.
  4. Setelah CMD terbuka, lalu ketik DISKPART dan  tekan enter. Nanti akan muncul User Account Control, klik saja tombol Yes dan akan terbuka CMD baru
  5. Kemudian ketik lagi LIST DISK enter, LIST DISK bertujuan untuk menampilkan flashdisk.
  6. Pilih salah satu saja (sesuai flashdisk yang dicolok tadi, ingat berapa tadi volume FD anda). Jangan salah pilih ya, bisa jadi yang dipilih itu hardisk internal leptop Anda.
  7. Jika sudah ketik lagi SELECT DISK 1 enter, (karena flashdisk saya berada di Disk 1).
  8. Kemudian ketik lagi CLEAN, lalu enter.
  9. Kemudian ketik CREATE PARTITION PRIMARY,enter
  10. Lalu ketik FORMAT RECOMMENDED enter, nah. Di langkah ini ni prosesnya lama banget, sesuai ukuran FD. Jika semakin besar ukuran FD makin lama pula proses formatnya.
  11. Jika proses sudah selesai langkah selanjutnya adalah mengetik lagi ACTIVE
  12. Terus langkah selanjutnya ketik EXIT untuk mengakhiri proses pembuatan boot FD ini.
  13. Langkah terakhir yaitu file windowsnya. Copy-pastekan file windows(master windowsnya ke FD
Nih tampilan screenshot-nya:


Ingat, jika settingan BIOS tidak dipilih first bootnya USB FDD serta pada DISK PRIORITYNYA pada urutan nomor satu maka FD TIDAK AKAN NGEBOOT… tau kan gan cara masuk bios, yaitu sesuai komputernya ada yg pake del, F1,F2…

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar